PERANGKAT
(MEDIA) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA
PERANGKAT KERAS MULTIMEDIA
VIDEO BOARD/CARD
Pengertian
Video Graphics Array (VGA),
adalah merupakan sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan
pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi
digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan
pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh
mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai
sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen
monitor dan kartu grafis.
Video Graphics Array (VGA)
ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card,
graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah
VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran
640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna
untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis
atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.
Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang
masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor.
Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya
VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Kartu VGA zaman sekarang sudah mempergunakan Graphic Accelerator
chipset, yang adalah merupakan chipset masa kini di mana sudah memasukkan
kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang
dimilikinya. Selain kartu VGA, sekarang ada "periferal" (bahasa
Inggris: peripheral) komputer pendukung yang dinamakan "3D
Accelerator" (akselerator tiga dimensi), yang mana fungsi dari akselerator
3D ini adalah untuk mengolah/menterjemahkan data gambar 3D secara lebih
sempurna.
Fungsi VGA
Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis)
ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal
digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video
Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke
monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card
sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat
melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA,
banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset
andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3,
ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB,
OTi, dan sebagainya.
SOUND CARD
Pengertian
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer
yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari
komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.
Dilihat dari cara pemasangannya, Sound
Card dibagi 3:
1. Sound Card Onboard,
yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
2. Sound Card Offboard,
yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.
Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
3. Sound Card External,
adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port
eksternal, seperti USB atau Fire Wire.
Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran
indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM
Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable
Synthesis Sedangkan untuk
urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang
sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun
sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang
sudah 64 bit.
Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound
card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah
lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung
ke spiker.
Sound card, juga sering disebut audio card, adalah periferal yang
terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard,
yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan
data berupa suara.
Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam
dan jenis. Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer,
sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam
suara dari mikrofon) dan pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya
saat memproduksi suara dari spiker).
Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara,
yaitu melalui teknologi frequency
modulation (FM), wavetable, dan model fisik.
Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang
jernih, meski mahal.
Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk
menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara
yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan
disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu
suara, dan meneruskannya ke spiker. Sedangkan synthesizing secara fisik berarti suara
disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.
PCI vs
Onboard
Pada awalnya, kartu suara hanya bisa terhubung ke slot ISA. Namun
dengan dipakainya model slot PCI yang menghasilkan suara yang lebih jernih,
rata-rata kartu suara terbaru memakai PCI bus. Beragam jenis sound card PCI
mulai yang murah ratusan ribu rupiah sampai yang jutaan.
Cara Kerja
Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang
berupa waveform.wav atau mp3 dikirim ke sound
card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal Processing : Pengolah signal digital) bekerja
dengan DAC (Digital Analog Converter :
Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog,
yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa
analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC (Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital).
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal
digital ini simpan dalam format waveform
table atau biasa ditulis Wav
(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3
CD-ROM & DRIVER
Drive berarti
penggerak atau bagian mekanikal suatu piranti. CD drive berarti penggerak CD atau suatu drive
yang digunakan untuk merekam atau memainkan CD. CD-ROM drive adalah Alat
pemutar CD-ROM atau suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk yang
sering dijumpai adalah CD-ROM (Compac Disc Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)
dan WORM (Write Once Read Many).
Fungsi
Fungsi CD-ROM drive adalah digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM
keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD
yang dapat ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya
tidak terlalu penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan
permainan (games) yang menggunakan CD-ROM drive, atau pada saat membuat
CD dengan CD writer. CD-ROM drive hanya dapat digunakan untuk membaca sebuah CD
saja.
Macam-macam
CD-ROM DRIVE :
1. CD ROM
DRIVE R
Adalah CD-ROM drive yang digunakan hanya untuk membaca saja fungsinya
seperti CD-ROM pada VCD player atau pada CD player yaitu hanya dapat membaca
apa yang ada di CD. Saat ini biasanya terdapat angka yang disertai dengan huruf
“X” yang artimya kecepatan/kemampuan membaca dari cd rom drive.
2. CD ROM
DRIVE RW
Adalah perangkat yang digunakan untuk menulis serta membaca CD-R dan
CD-RW. Dalam memilih CD drive yang perlu di perhatikan adalah mengenali
kecepatannya.
Pengertian
CD-ROM
CD-ROM merupakan
akronim dari "Compact Disc Read-Only Memory" adalah sebuah
piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat
menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive
hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM
dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari
perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan
100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe
SCSI biasanya ditemuka pada CD-RW drive. Pada CD-ROM terdapat tulisan 56X
artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe
CD-RW juga biasanya dibedakan
berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD-RW tipe 12x8x32 artinya memiliki
kemampuan membakar pada CD-R secepat 12x, membakar pada CD-RW secepat 8x, dan
membaca CD-R/CD-RW/ dengan kecepatan maksimal 32x.
Fungsi
Telah di jelaskan bahwa CD-ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hardware yang hanya bisa membaca CD saja.
Selain kegunaan dasar tersebut CD-ROM juga digunakan untuk melakukan
penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau
Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat masuk ke OS bila
sebuah Sistem tidak mau berjalan.
Pengertian
CD-RW Drive
1. CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca
kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD blank, kerennya burn.
2. CD-RW adalah Hardware komputer yang dapat membaca dan
menulis pada piringan CD.
Fungsi
CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari
komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau
CD-RW disc, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW drive
yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua
player, atau data disc, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer
file.
Jenis yang
lain:
a. Compac Disc-Recordble (CD-R)
Dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 Mb. data yang
terdapat di CD-R juga tidak dapat di hapus.perbedaan dengan CD rppm, kita dapat
menulikan data sampai beberapa kali asalkan kapastas penyimpanan di CD-R belum
penuh. untuk menulis data ke CD-R kita perlu perangkat keras yang disebut CD
writer.
b. Digital Versatile Disc (DVD)
Mempunyai kapasias penyimpanan cukup besar bila dibandingkan dengan
CD-room yang ukuranya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan sangat
baik.dvd bisa digunakan untuk menyimpan file berupa film. DVD tidak dapat
dibaca oleh CD room drive.oleh karena itu,bila ingin komputer anda dapat
memutar CD, komputer kita harus dilengkapi dengan DVD drive. Saat ini di
pasaran telah tersedia DVD drive yang dapat digunakan untuk membaca DVD
sekaligus berfungsi sebagai CD writer atau sering dikenal dengan istilah DVD
combo.
c. Digital Versatile Disc-Rewriteable (DVD-RW)
Adalah tempat penyimpanan yang merupakan versi lain dari dvd. Berbeda
dengan DVD yang hanya dapat di baca, maka DVD-RW dapat ditulis dan di hapus.
karena kemampuan DVD-RW yang dapat ditulis dan di hapus, maka harga sebuah
DVD-RW jauh lebih mahal dibandingkan dengan DVD.
d. Compac Disc Rewriteable (CD-RW)
Merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca
dan ditulis, kita dapat menghapus data yang terdapat di CD-RW dan kemudian
mengisinya dengan data yang lain. menghapus dan menulis data pada CD-RW
dilakukan dengan bantuan CD writer.
SCANNER
Pengertian
Kata lain dari scanner adalah pemindai dari kata pindai. Yang mana
pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, dan pemindai adalah alat yang
dapat membaca data dengan teliti dan seksama. Scanner adalah alat yang dapat
digunakan untuk mengimport gambar kedalam computer.
Cara kerja
dari scanner secara umum dapat dijelaskan sbb:
1. Gambar
diletakkan pada posisi yang telah ditentukan pada mesin scanner.
2. Kemudian
mesin scanner akan menyinari dan merekam gambar kemesin computer.
Jenis-jenis
scanner :
a. Hand Held Scanner
Scanner jenis ini harganya paling murah dan paling sederhana bentuknya
disbanding scanner jenis lain. Scanner jenis ini umumnya hanya untuk men-scan
sesuatu yang bersifat/berbentuk teks karena kualitasnya yang kurang baik untuk
aplikasi computer garafik.
Cara kerja scanner ini adalah dengan cara menempelkan optikal scanner
kepermukaan objek yang akan direkam, sehingga seluruh permukaan objek tersebut
direkam.
b. Sheetfed scanner
Cara kerja scanner jenis ini adalah dengan menyelipkan objek yang akan
discan kerongga tipis yang telah disediakan, kemudian objek tersebut akan
ditarik ke dalam dan akan dikeluarkan pada rongga lain dan pada saat bersamaan
objek tersebut akan muncul dilayar monitor anda.
Kelemahan scanner ini adalah objek yang bias discanner hanyalah objek
dengan ketebalan media yang tebalnya dapat menyelip dirongga telah disediakan.
c. Flat Fed Scanner
Scanner pada jenis ini lebih banyak digunakan oleh pemakai computer
grafik karena hasil yang diperoleh dari penggunaan jenis ini lebih banyak. Hal
ini disebabkan oleh peningkatan kualitas CCD (Change Couple Device) yang
digunakan.
d. Slide Scanner
Scanner jenis ini digunakan untuk menscan dari sebuah klise foto dan
akan di print menjadi sebuah foto yang mempunyai ukuran.
Scanner didalam bidang ketehnikan adalah istilah untuk alat yang
mampun membaca bentuk/sifat fisika suatu benda. Misalnya bentuk 2 Dimensi
benda, kemudian bentuk 3 Dimensi benda, suhu suatu wilayah daratan, kondisi
otak manusia, suhu tubuh manusia dsb.
Contohnya:
Dibidang kedokteran dikenal dengan alat CT-Scan (Computed Tomografi
Scan) USG dan Ronsen. Alat yang dapat menghasilkan gambar 2 atau 3 dimensi
dari keadaan bagian dalam tubuh pasien.
Penggunaan scanner untuk keperluan pribadi adalah sebagai penyimpan
gambar, baik itu foto, surat-surat penting (ijazah/berita dari Koran) dalam
bentuk file digital.
Resolusi
Scanning:
a. Ukur luas gambar yang
akan di scan.
b. Ukur besar gambar output
(rancang ukuran luas gambar yang akan dicetak).
c. Hitung perbandingan
ukuran gambar yang akan discan dan hasil cetak.
d. Kalikan perbandingan
tersebut dengan dua selanjutnya.
e. Kalikan dengan raster
yang akan digunakan.
f. Luas Bidang Scanning
Semakin luas bidang yang akan anda scan akan semakin besar pula
resolusi yang diperlukan dan akan semakin besar pula ukuran file tsb. Oleh
karena itu sebaiknya pada saat scanning atur luas bidang sesuai kebutuhan dan
kemampuan karena semakin besar luas bidang yang akan di scan semakin banyak
pula RAM yang dipakai yang akan mempengaruhi kecepatan scanning.
Perbedaan
antara scanning dan scanner.
· Scanning : untuk men-scan data atau mengcopy
data.
· Scanner : alat untuk menyimpan gambar
dalam computer.
Cara kerja
scanner :
1. Gambar yang akan
dipindai diletakkan diatas permukaan kaca pemindai/scanner.
2. Sebelum gambar dipindai,
komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan
maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar dikaca
pemindai.
3. Lampu mulai menyala dan
motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir
gambar.
4. Cahaya yang dipancarkan
lampu ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan
dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.
5. Cahaya pantulan tersebut
akhirnya akan sampai ke sensor CCD.
6. Sensor CCD akan mengukur
intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi
tegangan listrik analog.
7. Tegangan analog tersebut
akan diubah menjadi nilai digital oleh alat pengubah ADC (Analog to Digital).
8. Sinyal digital akan
dikirim ke papan logic dan dikirimkan kembali ke komputer dalam bentuk data
digital yang menunjukkan titik-titik gambar yang dipantulkan.
PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA
VIDEO STREAMING
Pengertian
Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan
melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video
streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak
munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming
bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat
video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file
video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua
suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi
untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar
bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran
berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan
file sebelum data dihantar sepenuhnya.
Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara
bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video
tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Video streaming banyak
diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website
atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live
streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin
ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.
File - File audio maupun video ini diletakkan di sebuah server
komputer yang dapat secara langsung diakses di komputer client atau komputer
kita masing-masing melalui koneksi internet, sesaat setelah ada permintaan dari
pengguna sehingga proses download file tersebut yang menghabiskan waktu cukup
lama dapat dihindari.
Ketika file-file tersebut di-stream maka akan terbentuklah sebuah
"buffer" di komputer client dan pada waktu itu data audio atau video
tersebut akan mulai di-download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin
client. Setelah buffer terisi dalam waktu hitungan detik, maka secara otomatis
file video ataupun audio akan di jalankan oleh sistem. Sistem akan membaca
informasi dari buffer sambil tetap melakukan proses download file sehingga
proses streaming tetap berlangsung ke mesin client. Delay waktu sesaat sebelum
file video atau audio di jalankan berkisar antara 5 sampai dengan 30 detik.
Sebenarnya penggunaan video streaming ini sudah lama kita lakukan,
mungkin kita sudah lupa dengan penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype,
youtoube atau yang sejenisnya, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar
tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang
menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv kini sudah sampai
tvone.
Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah kita
dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi dengan
internet menjamur di segala penjuru dunia kita makin mudah mendapatkan
informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa
maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan
fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia,
seperti saat kita di Singapur, Amerika, dan lainnya kita masih bisa menyimak
tayangan televisi di tanah air tanpa perangkat antena televisi atau parabola.
Kemudahan tersebut membuat kita semakin merasa dunia dalam genggaman,
kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau
melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat
dari sebuah teknologi video streaming.
Sering kali kita menjumpai istilah streaming ketika kita melihat
sebuah video atau audio di internet. Yaps, Streaming merupakan sebuah teknologi
yang digunakan untuk memainkan sebuah file audio maupun video yang secara
langsung maupun dengan prerecord yang berada di web server.
Konsep dasar dari video streaming ini yaitu membagi paket video ke
dalam beberapa bagian (dipecah), dan mentransmisikan paket-paket tersebut,
kemudian dari sisi (client) dapat men-decode dan memainkan potongan paket file
video tanpa harus menunggu seluruh file terkirim ke mesin penerima.
Konsep
video streaming di bagi ke dalam tiga tahap, antara lain:
a. Mempartisi atau membagi
data video yang telah terkompresi ke dalam paket paket data
b. Pengiriman paket – paket
data video
c. Pihak penerima (client)
mulai men-decode dan menjalankan video walaupun paket data yang lain masih
dalam proses pengiriman ke PC client.
Cara kerja
Video streaming adalah mengalirkan sebuah data video dari suatu
transmitter ke sebuah atau beberapa komputer yang berfungsi sebagai receiver.
Jadi receiver menerima video tersebut secara real time dan receiver tidak dapat
mengulang stream yang didapatnya. Video streaming biasanya digunakan pada kelas
virtual atau konferensi video. Tapi tidak menutup kemungkinan juga video streaming
dilakukan untuk mentransmit suatu video clip ataupun film ke client yang
menjadi receiver.
VoIP (Voice
over Internet Protocol)
Pengertian
Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media
internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.
Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon
diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket
data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui
terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP,
banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas
lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.
Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu,
biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga
IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat
dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon
konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private
branch exchange).
Fungsi
VoIP
a. Signalling – Signalling
berfungsi untuk menamkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan
inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.
b. Database Service –
Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan
akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang
biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.
c. Call Connect/Disconnect
(Bearer Control) – Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat
memutuskan panggilan/menerima panggilan.
d. Codecs Operations –
Berguna sebagai coder ataupun decoderdalam pengubahan/transmitted suara menjadi
sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.
Cara Kerja
VoIP
Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan
dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC
diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet
dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga
melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke
internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan
secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke
bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian
ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan
DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice
dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk
voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat
dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih
tahan terhadap noise daripada analog.
VIDEO VoIP (Voice over Internet Protocol)
Pengertian
Video profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec video
standar yang ada untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran
transportasi MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan
untuk membawa bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya
dilakukan dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP.
Tercatat video profesional melalui jaringan IP memiliki tantangan
khusus dibandingkan dengan sebagian besar lalu lintas IP non-waktu-kritis.
Banyak masalah ini mirip dengan yang ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk
tingkat yang lebih tinggi dari persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas
yang sangat ketat persyaratan layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam
lingkungan siaran profesional.
Salah satu aplikasi video VOIP yang tersedia adalah Skype. Skype
adalah ”software” aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara
sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang
sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan
untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur
yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan
SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna
telepon konvensional dan telepon genggam.
Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype
server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory
server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi
dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah
tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara.
Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :
1. Privacy
Privacy Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard)
256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci
(brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses
pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public
key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan
menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan
mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
2. Authentication
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password.
Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk
masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan
passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya
dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah
teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and
Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap
penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui
suaranya.
ENCODER
Pengertian
Encoder merupakan suatu program yang digunakan untuk mengubah
mediasource ke format yang sesuai untuk streaming. Encoder bertugas untuk mengkonversikan
data digital menjadi bit stream yang dapat dilewatkan jaringan. Di dalam
encoder terdapat modulasi frekuensi yang akan dialirkan melalui jaringan.
Fungsi dari modulasi frekuensi adalah untuk menggabungkan sinyal yang telah
dikompresi oleh encorder dengan sinyal-sinyal lain yang akan bertindak sebagai
sinyal pembawa menuju ke client.
Modulasi adalah proses menumpangkan sinyal (data) pada sinyal pembawa/
carrieryang biasanya berupa gelombang sinusoidal/ gelombang radio. Fungsi
modulasi adalah untuk memudahkan pengiriman data melalui media transmisi,
karena tidak semua media transmisi dapat mengirimkan sinyal digital ataupun
sebaliknya. Teknik modulasi yang digunakan pada teknologi video streaming
adalah modulasi data digital ke sinyal analog. Karena teknologi video streaming
merupakan pengiriman paket data yang menggunakan jaringan paket suara yang
hanya dapat melakukan transmisi data yang berupa sinyal analog. Sehingga data
digital yang dihasilkan oleh perangkat sumber yang berupa kamera harus dikodekan
ke dalam sinyal analog agar dapat ditransmisikan oleh jaringan.
Cara kerja
Encoder terdiri
dari beberapa input line, salah satu dari input-input tersebut diaktifkan. Pada
waktu tertentu yang selanjutnya akan menghasilkan kode output N-bit rangkaian
encodermerupakan aplikasi dari gerbang OR. Sebuah priority encoder adalah
rangkaian encoder yang mempunyai fungsi prioritas, operasi dari rangkaian
priority encorder adalah sebagai berikut: Jika ada dua lebih input bernilai “1”
pada saat yang sama, maka input yang mempunyai prioritas tertinggi yang akan
diambil.
PENGERTIAN MPEG-2 &
MPEG-4
Pengertian
MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk
audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar
internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan
video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi
kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan
dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada
pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.
MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah
grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang
disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi
standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan
televisi broadcast.
MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar
berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended)
untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video,
dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak
interaktivitas lainnya.
Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,
seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah
mengompres file ketika menyimpan video, lalu ketika video tersebut diputar,
codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini, jadi tingkat penurunan
kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file
yang maksimal.
Dari penjabaran di atas jelas sekali perbedaannya. Untuk lebih
jelasnya, berikut secara kasat mata dapat kita lihat dari receiver adalah
sebagai berikut:
Receiver Mpeg2 gambar kurang bagus, agak blur dan terkesan biasa saja,
kalau kita lihat di televisi yang pake LED jelas sekali kelihatan gambarnya
sangat jelek. tetapi kalau dilihat dengan menggunakan TV tabung, perbedaan
tersebut tidak akan terasa sebab TV jenis ini hanya meggunakan resolusi kecil
sebagai penampil gambarnya.
Seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian, sekarang ini sudah
banyak stasiun televisi yang menggunakan format video mpeg4, seperti contoh
untuk siaran televisi di Indonesia adalah: SCTV, Indosiar, Indonesia Network,
Skynindo, O Channel. Sedangkan yang masih menggunakan mpeg2 tetap saja masih
banyak.
Kesimpulannya, bila anda belum dan ingin membeli peralatan parabola
sebaiknya pilih receiver mpeg4, memang dari segi harga hampir 2 kali lipat
harga receiver mpeg2 tetapi ke depannya anda akan diuntungkan karena nggak
perlu upgrade lagi dengan peralatan baru.
Dengan receiver support mpeg4 maka siaran mpeg2 pasti akan nyantol
sedangkan receiver mpeg2 sampai gosong juga nggak akan bisa dapat siaran
channel dengan format video mpeg4.
Rata-rata receiver jenis ini mempunyai tuner yang sensitif sehingga
sangat disukai oleh teknisi parabola untuk tracking satelit. Dalam hal blind
scan, receiver mpeg2 lebih cepat dibandingkan mpeg4, daya tahan lebih kuat dari
mpeg4, receiver yang sudah mpeg4 rata-ratabooting lama dan gampang sekali.
Perbedaan
Receiver MPEG2 dan MPEG4 adalah sebagai berikut:
Receiver
MPEG2 :
a. Hanya dapat menangkap
dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2 (seperti Global TV, Trans TV,
Trans 7,dll).
b. Tidak bisa menangkap dan
menayangkan Channel dengan fotmar video MPEG4 (seperti Kompas TV, KBS World,
dll).
c. Biasanya belum support
HDMI.
d. Tidak mudah hang/co.id.
e. Tunner lebih peka dari
MPEG4 (jadi kalau mau Tracking lebih baik menggunakan receiver MPEG2 saja).
f. Harga bersahabat.
g. Ada yang sudah support
bisskey dan ada yang belum.
Receiver
MPEG4 :
a. Dapat menangkap dan
menayangkan Channel dengan format video MPEG4 sekaligus dapat juga menangkap
dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2.
b. Kualitas video lebih
baik dari MPEG2.
c. Sudah mendukung HDMI.
d. Biasanya mudah
hang/co.id.
e. Tunner agak kurang peka
dibanding receiver MPEG2.
f. Harga biasanya agak jauh
dari receiver MPEG2.
g. Ada yang sudah support
bisskey dan ada yang belum.
Perkembangan Card Graphic pada sistem Multimedia
Contoh
artikel perkembangan Card Graphic :
Kesimpulan
tentang artikel tersebut:
Dalam perkembangan multimedia yang semakin lama semakin canggih.
Membuat banyak perusahaan multimedia bersaing untuk membuat Unit Pengolahan
Grafis atau juga disebut sebagai Graphics Processing Unit secanggih dan sebagus
mungkin untuk membuat konsumen terutama pecinta multimedia tertarik. Pembuatan
kartu grafis sendiri selain susah juga membutuhkan ketelitian yang sangat
tinggi, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas yang dapat bekerja secara
maksimal pada sebuah komputer, ponsel, workstation, dan konsol game.
Pembuatan Graphic Processor Unit (GPU) sendiri pertama kali
dipopulerkan oleh nvidia pada tahun 1999, yang memasarkan kartu video GeForce
256 sebagai “GPU pertama di dunia, yang merupakan sebuah chip prosesor tunggal
yang terintegrasi dengan transformasi, pencahayaan, segitiga setup / kliping,
dan mesin render yang mampu memproses minimal 10 juta poligon per detik “.
Sedangkan perusahaan saingan nvidia yaitu ATI Technologies tidak ingin
menggunakan istilah yang dibuat oleh nvidia, ATI menciptakan istilah yang
berbeda yaitu VPU (singkatan dari Virtual Processing Unit) dengan menghadirkan
kartu grafis Radedon 9700 pada tahun 2002.
Perkembangan kartu grafis yang semakin lama semakin meningkat membuat
perusahaan grafis antara nvidia dan AMD bersaing ketat demi memberikan
produknya yang terbaik dan ramah lingkungan. Maka untuk itu GPU kelas baru yang
pada umumnya terbuat dari hybrid solution seperti pada GPU ATI HyperMemory dan
TurboCache Nvidia. Pada kartu dengan menggunakan hybrid harganya sedikit lebih
mahal daripada kartu grafis terintegrasi. Pada kartu grafis dengan menggunakan
hybrid akan berbagi memori dengan motherboard namun memiliki cache memori kecil
yang berdiri sendiri.
Dengan
demikian penggunaan kartu grafis yang sesuai dengan spesifikasi komputer akan
menghasilkan gambar yang jelas dan pada saat digunakan untuk game akan
menghasilkan resolusi yang bagus dan permainan yang tidak ada delaynya. Semakin
canggih GPU yang digunakan maka kinerja daripada komputer juga akan semakin
cepat. Pada perkembangannya GPU dengan menggunakan hybrid solution adalah
solusi yang terbaik untuk GPU yang ramah lingkungan, walaupun harganya lebih
mahal. Itulah perkembangan GPU yang semakin lama semakin canggih dengan
berbagai teknologi yang digunakan untuk kemajuan teknologi dalam bidang
multimedia.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Dilarang menggunakan unsur SARA